Senin, 19 November 2012

SUSUNAN ROHANI ISLAM (ROHIS) SMPN NGUSIKAN

Latar belakang

Penyelenggaraan pendidikan agama islam sangat strategis dalam menata dan mewujudkan kehidupan yang bermakna, damai, dan bermartabat. Ikhtiar internalisasi nilai islam dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui wadah pendidikan baik melalui lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diberikan melalui pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakulikuler, diorientasikan untuk membentuk peserta didik yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang  jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.

Upaya pencapaian ke arah tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan secara terpadu potensi kecerdasan pikiran (LQ), kecerdasan emosi (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Jika ketiga potensi kecerdasan ini dapat dimaksimalkan, maka terwujudlah profil kehidupan yang kaffah (utuh) dalam menapaki kehidupan yang sejalan dengan nilai robbani, seimbang dalam menanggapi kebahagiaan dunia dan akhirat , sehingga tidak ditemukan  munculnya pribadi yang timpang/ tidak konsisten antara hati, pikiran, sikap, adan amaliah (split personality).

Penyelenggaraan pendidikan agama islam di SMP hrus mampu menyeimbangkan tiga ranah pendidikan, yakni kognitif(ilmu), efektif(akhlak), dan psikomotor(amaliah). Pendidikan agama islam sarat dengan nilai-nilai yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga ranah tersebut merupakan bagian yang saling berkaitan dan tidak mungkin dipisahkan.

Pendidikan agama islam sebagai pembelajaran intrakurikuler yang diajarkan pada siswa SMP yang alokasinya hanya dua jam pelajaran setiap pekan, tentunya dirasakan belum cukup untuk mengajarkan materi pelajaran agama yang mencakup alqur’an, aqidah, ibadah/syari’ah/figh, akhlak, dan tarikh dengan segala aspeknya yang harus diterapkan dalam interaksi/hubungan sosial dalam kehidupan sehari-hari, baik hubungan vertikal dengan Allah SWT maupun horisontal dengans sesama dan lingkungan alam sekitarnya.

Lihat Daftar Susunan Rohis SMPN Ngusikan Klik disini
Posted by smpn_ngusikan On 20.59

KRITIK, SARAN / PENGADUAN

BERITA POPULER

MAINTANCE

DALAM PROSES PERBAIKAN

    BUDAYA SENYUM

    BUDAYA SALAM

    BUDAYA SAPA

    BUDAYA SHODAQOH