Senin, 09 November 2009

-->
Sekilas Tentang Modem ADSL

Apa yang dimaksud dengan Speedy?
Speedy adalah nama produk PT Telkom yang merupakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi yang memiliki kemampuan akses untuk kecepatan upstream sebesar 64 kbps, sedangkan downstream sebesar 384 kbps dan 512 kbps, serta dapat melakukan percakapan telepon secara bersamaan saat melakukan akses internet.
Apa itu ADSL?
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz).
Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

Apa yang membedakan Speedy dengan Telkomnet Instan?
Speedy sangat berbeda dengan Telkomnet Instan walaupun jaringan kabel yang dipakai sama. Perbedaannya antara lain :
  1. ADSL bisa melewatkan komunikasi suara dan data secara simultan, sedangkan koneksi Telkomnet Instan hanya dapat melewatkan salah satunya (data saja atau suara saja).
  2. Band frekuensi yang dipakai berbeda. POTS menggunakan band frekuensi 0,3 - 32 kHz sedangkan ADSL menggunakan 34 kHz - 1104 kHz.
  3. Kecepatan transfer data (upstream/downsteram) jauh berbeda.
  4. Tarif Telkomnet Instan dihitung berdasarkan durasi, sedangkan tarif Speedy dihitung berdasarkan usage (volume data).
Bagaimana cara mendapatkan modem ADSL?
Modem ADSL banyak dijual di pasaran, dengan variasi harga dari sekitar Rp 600 ribu sampai dengan Rp 3 juta.
Faktor apa saja yang membedakan harga modem?
Modem dibedakan dari beberapa aspek, antara lain:
  1. Kemudahan dari sisi setting mulai dari yang harus menginstalasi driver sampai yang dapat disetting melalui browser.
  2. Jenis koneksi, dari yang menggunakan koneksi USB, koneksi ethernet, gabungan USB dan ethernet, sampai dengan akses wireless.
  3. Kemampuan fitur, dari yang hanya memiliki setting VCI dan VPI sampai dengan yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router seperti: NAT, routing, access list, dan sebagainya.
Bagaimana cara memilih modem ADSL yang baik?
Tips untuk mendapatkan modem ADSL yang baik adalah sebagai berikut:
  1. Apakah modem tersebut digunakan untuk beberapa PC atau hanya satu PC. Jika untuk satu PC cukup modem dengan 1 port USB dan atau 1 port ethernet, tetapi apabila akan digunakan untuk beberapa PC maka bisa digunakan modem yang dilengkapi dengan beberapa port ethernet (berfungsi sebagai hub).
  2. Gunakan modem yang compatible dengan sistem operasi dari PC anda seperti Windows atau Linux. Dari pengalaman di lapangan ada beberapa jenis modem USB yang tidak compatible dengan Windows 98 atau Windows 2000.
  3. Jika memiliki dana yang cukup lebih baik menggunakan modem yang memiliki kemampuan setting melalui web karena dapat dioperasikan dengan berbagai jenis sistem operasi dan browser serta mudah dalam pengoperasiannya.
Bagaimana cara melakukan setting modem yang benar?
Cara setting modem ADSL adalah sebagai berikut:
  1. Ada jenis modem yang settingnya menggunakan CD driver yang tersedia dalam paket pembelian, dan ada modem yang settingnya melalui browser (misalnya Internet Explorer).
  2. ika modem bisa disetting melalui browser, maka setting dilakukan dengan mengakses alamat http://192.168.1.1, http://10.0.0.2, atau alamat lainnya sesuai dengan petunjuk dalam buku manualnya. User dan password juga disertai di buku manual.
  3. Setelah masuk ke menu setting maka masukkan parameter berikut:
    • PVC Configuration = VCI : 35, VPI : 0
    • Service Category = UBR Without PCR
    • Protocol / Connection type = PPPoE
    • Encapsulation = LLC / Snap-Bridging
  4. Pada PC (pada Local Area Connection Properties), masukkan parameter berikut:
    • Pilih Obtain an IP address automatically
    • Preferred DNS Server : 202.134.1.10
    • Alternate DNS Server : 202.134.0.155
Kenapa bandwidth maksimum tidak bisa mencapai 384 kbps atau 512 kbps?
Karena adanya protocol overhead, seperti: Ethernet header, PPPoE (point to point protocol over ethernet) header, dan lain sebagainya.
Apakah perbedaan modem USB dan modem router ?
  • Modem USB : Menggunakan kabel USB untuk koneksi ke komputer, tidak menggunakan catuan listrik terpisah (Catuan listrik diambil dari kabel USB komputer), User ID dan Password diinputkan di Memory Komputer pada menu login Internet, Modem akan mati jika komputer mati , harga lebih murah dibanding modem router. Modem jenis ini sangat rentan terhadap performansi PC, shg kalau PC terganggu mis ada virus, maka modem akan terganggu dan harus diresetting.
  • Modem Router : Menggunakan kabel RJ45 (kabel UTP) untuk koneksi ke komputer, menggunakan catuan listrik terpisah (ada adaptor yang mencatu power dari modem), pada tipe tertentu, dapat disharing dengan lebih dari 1 (satu) komputer, User ID dan Password diinputkan di memory modem pada saat dilakukan setting awal, modem tidak otomatis mati jika komputer dimatikan.Secara umum kehandalan modem router tidak terpengaruh terhadap performansi PC.
Apa yang dimaksud dengan usage, download dan upload ?
  • Usage adalah Jumlah byte yang digunakan ketika melakukan aktivitas akses internet
  • Download adalah aktifitas akses internet untuk memindahkan data/file/aplikasi yang ditransfer oleh mesin setelah pengguna internet melakukan request terhadap data/file/aplikasi tersebut pada satu halaman web.
  • Upload adalah aktivitas pengguna internet ketika melakukan request terhadap suatu data/file/aplikasi di suatu halaman web.
Apa yang dimaksud dengan downstream dan upstream ?
  • Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan melakukan download dengan maksimum kecepatan sampai dengan ADSL Connection Speednya (384/512 Kbps).
Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan melakukan upload dengan maksimum kecepatan sampai dengan 64 Kbps.
Posted by smpn_ngusikan On 18.11 No comments

0 komentar:

KRITIK, SARAN / PENGADUAN

BERITA POPULER

MAINTANCE

DALAM PROSES PERBAIKAN

    BUDAYA SENYUM

    BUDAYA SALAM

    BUDAYA SAPA

    BUDAYA SHODAQOH